30 Pemain Timnas U-23 Dirilis

image
Badan Tim Nasional (BTN) merilis 30 pemain timnas U-23 untuk menghadapi partai uji coba lawan Brunei Darussalam di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, 15 Agustus mendatang.
Para pesepak bola tersebut merupakan rekomendasi pelatih Rahmad Darmawan untuk mengikuti seleksi tahap ketiga. Pada tahap pertama, skuad Garuda Muda melakoni laga persabatan lawan Singapura di Stadion Manahan Solo, Juni lalu dengan hasil akhir 1-1. Tahap kedua, tim asuhan Rahmad Darmawan kembali menjalani latih tanding lawan Singapura, Juli lalu di Singapura. Namun, Indonesia kalah tipis dengan skor 0-1.
Pelatih yang akrab disapa RD tersebut ingin menyeleksi para pemainnya sebelum dikerucutkan menjadi 23 pemain tetap untuk didaftarkan ke SEA Sports assembly 2013.  Menurut Sekretaris BTN Sefdin Saifudin, pihaknya segera melayangkan surat panggilan kepada 30 pemain yang diinginkan RD.
“Pemain akan kumpul pada 11 Agustus di Yogyakarta. Pemain akan menginap dan latihan di Universitas Negeri Yogyakarta. Di sana ada lapangan yang bisa dipakai latihan dan ada hotelnya juga,” kata Sefdin di Jakarta.
Dalam daftar panggil pemain ada nama Kurnia Meiga dan Rizky Pellu. Menurut Sefidn, reputation keduanya discretionary. Artinya, mereka bisa tidak jadi gabung timnas U-23 jika namanya juga tercantum pada pemanggilan timnas Older. Mengingat skuad Older juga dijadwalkan melawan Filipina sehari sebelumnya di Stadion Manahan, Solo.
Reputation Kurnia Meiga saat ini memang kiper utama timnas Indonesia, baik di level U-23 maupun older. Meski masih hijau, ketangkasannya menaklukkan tendangan para bomber lawan telah teruji. Dia selalu menjadi andalan Indonesia kala berhadapan dengan timnas Belanda, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea.
Meski kebobolan 20 gol, penampilannya dianggap paling bagus jika dibandingkan kiper lainnya seperti Andrytani, I Made Wirawan, Rivky Mokodompit, Samsidar, Dian Agus dan Khoirul Huda. Dijelaskan Sefdin, dalam pemanggilan kali ini juga dimasukkan nama-nama pemain yang memperkuat klub luar negeri.
Nama-nama itu antara lain Syamsir Alam (DC United) dan trio Liga Belgia Divisi II, CS Visse, Abdurahman Lestaluhu, Alfin Ismail Tuasalamony dan Manahati Lestusen. Menurut Sefdin, RD butuh melihat potensi semua pemain muda di dalam dan luar negeri, mengingat seleksi kali ini adalah yang terakhir sebelum akhirnya dibentuk tim inti pada September mendatang.
“Pemain yang bermain di kompetisi luar negeri dipastikan hadir ikut TC di Yogyakarta. Semua sudah konfirmasi,” terangnya.
Daftar Pemain timnas U-23
1. Shahar Ginanjar (Persib)
2. Aji Saka (PSS Sleman)
3. Andri Ibo (Persidafon)
4. Mokhamad Syaifuddin (PBR)
5. Daniel S Tata (Persipura)
6. Manahati Lestusen (CS.Vise)
7. Rizal Lestaluhu (Perseman)
8. Fandry Imbiri (Persipura)
9. Alfin Ismail Tuasalamony (CS Vise)
10. Marko Markus Kabiay (Persiram)
11. Diego Robbie Michiels (Sriwijaya FC)
12. Roni Beroperay (Persiram)
13. David Laly (Persidafon)
14. Syahroni (Persija)
15. Doly Ramadhan Gultom (PBR)
16. Moses Nasaret Romario Banggo (Persiram)
17. Rizki Ramdani Lestaluhu (Sriwijaya FC)
18. Okto Maniani (Barito Putera)
19. Fandi Eko Utomo (Persela)
20. Abdurahman Lestaluhu (CS Vise)
21. Syamsir Alam (DC United)
22. Yohanis Nabar (Persidafon)
23. Moniaga Bagus Suwardi (PSS Sleman)
24. Nico Malau (Semen Padang)
25. Defri Riski (Persija)
26. Loudry Meilana Setiawan (Persisam)
27. Aldaier Makatindu (Persisam)
28. Mario Aibekop (Persiram)
29. Kurnia Meiga Hermansyah (Arema)
30. Rizki Ahmad Sanjaya Pellu (PBR)

Original source : 30 Pemain Timnas U-23 Dirilis