Kontestan Divisi Utama Musim 2013/2014 Membengkak

image
PT Liga Indonesia (LI) menegaskan jumlah peserta kompetisi Divisi Utama musim depan akan membengkak. Saat ini, kompetisi level dua di Tanah Air tersebut diikuti 44 tim. Pada musim 2013/2014, peserta akan mencapai 64 klub.
CEO PT LI Joko Driyono mengemukakan, membengkaknya klub kontestan Divisi Utama akibat penyatuan dua liga yang saat ini masih diputar, yaitu versi LI dan Liga Prima Indonesia Sportindo
 (LPIS). Penyatuan juga amanah Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Borobudur, 17 Maret lalu. “Kami sudah mengatur teknis dan regulasinya. Yang pasti, Divisi Utama musim depan menjadi 64 tim,” kata Joko Driyono, Selasa (9/7).
Pria yang juga menjabat Sekjen PSSI itu mengutarakan, 64 klub tersebut terdiri atas 44 tim dari Divisi Utama LI dan 20 LPIS. Dari 20 klub LPIS, rinciannya adalah tujuh tim berasal dari bekas kompetisi Indonesia Head of disorder League (IPL) dan 13 dari Divisi Utama.  Sejauh ini, klub peserta kompetisi IPL sebanyak 16 klub. “Nanti empat klub peringkat teratas IPL akan gabung ISL musim depan,” ujar dia.
Menurutnya, dengan hengkangnya empat tim ke ISL, maka peserta IPL menyisakan 12 klub. Namun, dari jumlah itu, lima klub di antaranya tidak diakui PSSI, yaitu Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Persebaya 1927, Arema Indonesia dan Persija Jakarta. Untuk tiga tim yang disebut terakhir dianggap kloningan dari klub di ISL, sehingga PSSI tak mengakui keberadaannya.
Tiga klub tersebut otomatis akan bubar setelah menjalani kompetisi IPL. Adapun, Persibo dan Persema, keduanya sudah bukan anggota PSSI lagi setelah diputuskan melalui Kongres Bali. Gara-garanya, kedua klub asal Jatim itu keluar dari ISL, kemudian memilih bergabung dengan kompetisi yang baru dibentuk pengusaha Arifin Panigoro pada 2010, yaitu Liga Prima Indonesia (LPI).
“Jadi yang berhak gabung Divisi Utama hanya tujuh tim, sedangkan yang lima itu sudah tidak ada. Untuk Persibo dan Persema, mungkin bisa memulai kompetisi dari level terendah atau bagaimana, permasalahannya masih berjalan,” ungkap dia.
Mengenai 13 tim dari Divisi Utama LPIS yang akan bergabung di Divisi Utama musim depan, pihaknya menyerahkan kepada pengelola kompetisi tersebut. Hanya saja, Joko bakal memverifikasi apakah klub-klub tersebut memenuhi syarat atau tidak untuk bergabung bersamanya.
“Jika klub yang ditunjuk mengalami dualisme, tentu akan kami coret. Kami minta penggantinya dan yang lebih penting klub yang diajukan harus sudah menjadi anggota PSSI,” katanya. (suaramerdeka.com)


Original source : Kontestan Divisi Utama Musim 2013/2014 Membengkak